07 Oktober 2024

Melasma, Apa dan Bagimana Mengatasinya

Tags

Beberapa waktu lalu, aku make up in sepupu yang mau menghadiri pelantikan saudaranya sebagai anggota DPRD.


Nah, pas make up itu kan aku pasti bisa melihat kulit wajahnya dari jarak dekat. Ternyata, ada beberapa spot melasma pada kulit wajahnya.


Melasma adalah gangguan pigmen kulit yang terlihat pada kondisi ketika muncul bercak-bercak cokelat atau abu-abu di wajah.


Btw, kami seumuran, yaitu 41 tahun. Akhirnya kami sharing tentang kondisi kulit masing-masing, sambil mengisi keheningan pas proses make up di jam 3 pagi itu.




Problemku dari dulu tuh milia, atau jerawat batu. Sejak SMP udah ada aja itu jerawat batu di wajah. Tapi memang, sampai sekarang aku belum pernah periksakan ke dokter kulit dan perawatan khusus milia sih.


Nah, sepupuku ini muncul melasma baru belakangan, pas masuk 41 tahun ini. Kata dia, awalnya kecil, kaya noda hitam biasa. Lama-lama melebar membentuk spot. Fyi, sepupuku ini rajin merawat wajah sejak masih sekolah dulu ya, nggak yang cuek dan suka panas-panasan di alam terbuka.


Trus dia ke dokter kulit terkenal di Pemalang, Dokter Glen. Udah perawatan sesuai jadwal, yaitu 3 kali dan sedang menunggu jadwal ke-4. Tapi menurut dia, kok nggak ada perubahan sama sekali, bahkan bertambah satu spot lagi melasma di wajahnya.


Memang melasma ini jadi momok untuk perempuan terutama memasuki usia matang 40 tahun ke atas yang mulai 'diserang' berbagai problem kulit wajah, mulai dari kerut dan garis halus, flek hitam, kulit kusam, dll.


Penyebab Timbulnya Melasma


Sebenarnya, melasma bisa menyerang siapa aja loh, laki-laki perempuan, tua muda, semua bisa terkena. Namun, melasma emang lebih sering dialami perempuan. Hal ini berkaitan dengan salah satu penyebab timbulnya melasma yaitu kehamilan dan penggunaan KB hormonal.


Ada pula penyebab genetik yang membuat kemungkinan melasma timbul meski sudah merawat kulit wajah dengan cukup baik.


Melasma terjadi karena kulit membentuk melanin lebih banyak pada area tertentu, yang umumnya muncul pada kulit wajah dan leher.


Secara umum, pembentukan melanin berlebih bisa terjadi karena faktor-faktor, seperti:
  • Genetik
  • Paparan sinar matahari
  • Hormonal, terutama ketika hamil, menggunakan kontrasepsi hormonal, atau menjalani terapi hormonal
  • Penyakit tiroid
  • Stres
  • Penggunaan produk perawatan kulit dan kosmetik yang mengandung pewangi (fragrance)
  • Paparan sinar ultraviolet dari alat untuk menggelapkan kulit (tanning bed)
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat antikejang, diethylstilbestrol untuk kanker prostat, antibiotik, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dan retinoid

Melasma bisa ketutup foundation, bb cream, atau bedak cushion. Tapi untuk sehari-hari di rumah yang tanpa make up, adanya melasma bikin nggak pede loh.


(Bersambung)

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

This Is The Newest Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.