06 Oktober 2024

Mendadak Nyindèn, Belajar Karawitan Bareng Ibu-ibu HARPI Watukumpul

Tags

 Mendadak Nyindèn 


Sudah lama nggak nulis blog, kangen rasanya. Beberapa bulan terakhir memang aku cukup kekurangan waktu buat nulis. Selain sibuk mengurusi job wedding, aku juga lagi sering pergi keluar buat belajar karawitan bareng HARPI Watukumpul.

Belajar Karawitan
Gladi bersih sebelum pentas


Kok tiba-tiba belajar karawitan? Iya ya, kok tiba-tiba belajar karawitan, bukan belajar apa gitu yang masih nyambung dengan kerjaan make up atau jahit?


Btw, ceritanya lumayan panjang kenapa sampai bisa aku dan kawan-kawan sesama perias di wilayah Kecamatan Watukumpul yang tergabung dalam HARPI Melati Ranting Watukumpul ini kemudian memutuskan belajar karawitan.


Lain waktu aku ceritakan deh asal mulanya gimana. Kali ini aku mau nulis berita bahagianya aja dulu.


Nah, setelah belajar dan latihan kurang lebih dua bulan, kemarin Sabtu, 28 September 2024, grup karawitan HARPI Watukumpul turut serta mengikuti pentas pada Gelar Karya Tari dan Sarasehan Budaya Pemalang di Pendopo Kabupaten.


Kami yang terdiri dari 20 orang perias, tampil cukup baik membawakan tiga tembang karawitan yang sudah kami pelajari bersama guru kami, Pak Budi.


Acara tersebut menampilkan berbagai pagelaran tari dari sanggar-sanggar tari yang ada di Pemalang. Sedangkan untuk penampilan karawitan diisi oleh HARPI Watukumpul dan Grup Ngisor Tratag Pemalang Selatan yang merupakan komunitas Pranotocoro dan Cucuk Lampah pernikahan.


Grup karawitan HARPI
Pentas Karawitan di Pendopo Kabupaten Pemalang


Perias, Pranotocoro dan Cucuk Lampah memang lekat dengan seni dan budaya. Jadi nggak melenceng terlalu jauh jika kami turut serta nguri-uri Budaya Jawa dengan cara belajar karawitan.


Yang bikin kami merasa diapresiasi, Bulan Desember nanti kami diundang untuk tampil mengisi acara di TVRI Jawa Tengah.


Trus, di grup karawitan ini aku bagian apa coba? Aku nyindèn dong. Ehehe. Karena alatnya hanya terdiri dari 10 alat musik, jadi sisa 10 orang lainnya ya bagian vokal atau nyindèn.


Itu dia sekilas tulisan soal belajar karawitan, salah satu kegiatan yang bikin aku nggak kober nulis blog beberapa bulan ini. 


*Tulisan ini bakalan aku up date lagi besok biar makin lengkap. 

Blog tentang kecantikan, make up, fesyen, mode, dan budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Ditunggu tanggapan dan komentarnya ya.